Dengan ukuran kelas yang semakin besar di banyak kampus dan pasar pekerjaan yang semakin kompetitif, murid semakin khawatir dengan nilai mereka. Bagaimana Anda mengatasi situasi dimana Anda merasa nilai Anda tidak menggambarkan performa Anda?
Langkah:
1.
Pastikan apakah Anda punya dasar untuk meminta
dosen melihat ulang nilai Anda. Anda harus memahami sudut pandang Dosen tentang
nilai Anda. Dosen harus menjadi adil dalam memberi nilai. Jika dosen Anda
melihat kembali kertas Anda, hal ini berarti Anda memperoleh kesempatan
tambahan yang tidak didapat oleh murid lainnya. Oleh karena itu, Anda harus
punya alasan yang kuat untuk membuat dosen Anda melakukan ini.
·
Pastikan Anda mengikuti instruksi yang ada di
silabus atau silabus tugas dengan benar. Jika Anda diminta untuk menjawab
pertanyaan esai di sebuah tes dan Anda sama sekali tidak menjawab pertanyaan
itu, Anda tidak punya dasar untuk meminta dosen menilai ulang Anda. Anda harus
yakin Anda sudah mengikuti semua instruksi yang diberikan. Kalau tidak, Anda
hanya akan menempatkan dosen Anda si situasi janggal.
·
Pastikan Anda membaca komentar dosen Anda dengan
teliti. Biasanya, kebingungan mengenai nilai datang dari kurangnya komunikasi
atau kurangnya pemahamanan akan alasan penilaian itu.
2.
Pertimbangkan apakah meminta perubahan nilai ini
sebanding dengan resikonya. Kecuali memang benar-benar tidak adil, lebih baik
Anda menerima kenyataan ini saja karena hal ini adalah hal yang wajar dan bisa
saja lain kali malah Anda bisa mendapatkan nilai lebih dari yang Anda harapkan.
·
Pikirkan tentang seluruh konteks dari nilai
Anda. Jika Anda hanya meminta 2 poin dari keseluruhan 100 poin dan nilai ini
hanya 30% dari nilai akhir Anda, apakah hal ini sebanding? Sebelum Anda
memutuskan untuk maju ke dosen Anda, pikirkan tentang gambaran besarnya :
Berapa banyak yang Anda dapat dari hal ini? Jika memang sebanding, lakukanlah
itu.
·
Jika Anda terlalu memaksakan nilai Anda, mungkin
Anda tidak akan meninggalkan kesan baik bagi dosen Anda, terutama saat Anda
meminta rekomendasi. Beberapa orang dosen adalah orang yang rendah hati dimana
sisanya adalah orang yang memilki harga diri tinggi soal pekerjaannya sehingga
Anda harus punya dasar yang benar-benar kuat sebelum memulai argumen dengan
dosen Anda yang mungkin saja sudah menghabiskan hidupnya untuk mempelajari area
ini. Mungkin mereka tidak langsung menjelekkan Anda di surat rekomendasi, tapi
Anda tidak akan pernah mendapat surat rekomendasi yang bagus dari dosen Anda.
·
Hal terburuk yang dapat terjadi pada Anda adalah
dosen Anda menceritakan hal yang Anda lakukan ini ke teman-teman dosennya. Hal
ini tentu saja tidak baik bagi Anda.
3.
Buatlah janji temu dengan dosen itu atau
asistennya untuk membahas nilai Anda dan bagaimana supaya Anda tidak mendapat
nilai seperti itu lagi di tugas berikutnya. Dosen biasanya menyukai murid yang
memberikan usaha lebih untuk jurusannya dan melakukan yang terbaik untuk
berkembang. Paling baik Anda tidak berbicara dengan dosen di kelas karena
biasanya dosen Anda terlalu sibuk. Cobalah sebelum atau setelah kelas atau pada
waktu yang memang sudah Anda janjikan dengan dosen Anda. Dosen akan terkesan
dengan Anda karena Anda tidak hanya muncul saat Anda mau.
·
Jika nilai dibuat oleh asisten pengajar,
janganlah melewati asisten ini dalam prosesnya. Buatlah janji dengan asisten
pengajar ini untuk berdiskusi. Melewatkan asisten ini akan membuatnya tidak
menyukai Anda. Selain itu, kebanyakan dosen akan meminta Anda untuk terlebih
dahulu mendiskusikan hal ini dengan asistennya.
4.
Persiapkan pertemuan Anda. Jika Anda merasa
bahwa Anda berhak mendapat nilai lebih, pastikan Anda sudah menyiapkan semua
buktinya. Mampu untuk menunjukkan kepada dosen Anda bahwa Anda tidak hanya
asal-asalan meminta nilai tambahan dan benar-benar mengerti apa yang Anda buat.
5.
Jadilah sopan dan profesional saat bertemu
dengan asisten atau dosen.
·
Jangan menjadi menghakimi. Hindari perkataan
“Mungkin Anda tidak menyukai saya” atau “saya merasa Anda memperlakukan saya
dengan tidak adil.” Katakan pada dosen kalau Anda sedikit bingung dengan nilai
Anda dan berharap dosen Anda bisa meluangkan sedikit waktu untuk menjelaskannya
pada Anda.
·
Pastikan Anda tidak berkata “Saya berhak nilai
yang lebih baik.” Tidak ada yang lebih menjengkelkan bagi dosen Anda yang sudah
bertahun-tahun mempelajari hal ini untuk mendapat perlawanan dari Anda yang
baru sebentar mempelajari topik ini.
·
Jangan berkata “Saya melakukan hal yang sama
dengan teman saya tapi mendapat nilai yang lebih rendah.” Pertama, dosen enggan
untuk membicarakan nilai orang lain. Kedua, setiap kertas ujian akan berbeda
dengan berbagai cara, kalau tidak, tentu saja akan menjadi mencurigakan.
6.
Tekankan kalau Anda perlu untuk mengetahui
masalah yang Anda lakukan sebelum ujian berikutnya. Hal ini akan menunjukkan
pada dosen Anda jika Anda tidak hanya peduli pada nilai, tapi lebih kepada
keseluruhan subjek Anda. Bagaimanapun, jangan berpura-pura peduli untuk
meningkatkan peforma kedepan jika yang Anda mau hanya nilai. Anda akan dianggap
keras kepala oleh dosen Anda. Dosen Anda sudah cukup berpengalaman untuk
mengenal perilaku murid-muridnya.
7.
Sorot area spesifik dan minta penjelasan tentang
apa yang salah disitu. Dosen Anda akan bisa menunjukkan pada Anda dimana
salahnya. Jika jawaban yang Anda dapat tidak sejalan dengan buku teks Anda,
mintalah klarifikasi dari dose Anda. “Dosen X, saya rasa saya mengerti yang
Anda maksud. Tapi saya sedikit bingung karena saya kira saat kelas Anda berkata
____.” atau “saya memahami yang Anda katakan. Namun hal ini sepertinya berbeda
dengan yang tertulis di buku."
·
Jika dosen Anda memang salah, tentu saja dia
akan membenarkan Anda.
·
Jika dosen Anda membuat poin yang konsisten
dengan buku, tunjukan hal itu pada dosen Anda. Biarkan dosen Anda mengelaborasi
semua informasi yang mungkin Anda lewatkan atau biarkan dia membenarkan nilai
Anda dalam informasi yang ringan.
·
Jika Anda menunjukkan kalau ada konsistensi
dengan materi pembelajaran Anda dan yang Anda tulis, mintalah dosen Anda untuk
mempertimbangkan ulang atas nilai Anda.
8.
Bawa itu ke level yang lebih tinggi sebagai
usaha terakhir. Jika semua cara gagal, semua departemen biasanya mempunyai
proses untuk mengajukan banding ke komite. Proses ini biasanya mulai dari
Undergraduate Director atau petinggi dari departmente. Selalu ingat, sangat
jarang dosen lain akan membalikkan nilai yang dibuat dosen Anda. Bagaimanapun,
jika memang benar-benar Anda diperlakukan tidak adil, bisa saja Anda memperoleh
perubahan nilai. Hanya perlu Anda ingat jika Anda sudah masuk ke hal ini, Anda
sudah masuk ke proses politik. Pastikan Anda yakin jika Anda memang
diperlakukan tidak adil dan Anda memiliki buktinya. Hasil yang terbaik adalah
hasil yang menggembirakan semua pihak, hasil terburuk adalah Anda menjadi tidak
nyaman datang ke kelas dosen itu dan dosen itu juga tidak menyukai perbuatan
Anda yang menantang keputusannya. Sekali lagi, pertimbangkan untung rugi dan
tentukan apakah hal ini pantas untuk dilakukan.
Tips:
·
Dosen hanya memiliki sedikit waktu untuk
mengurus perubahan nilai. Jadilah teratur, efisien, dan mampu untuk membuat
kasus yang bagus untuk diri Anda sendiri.
·
Beberapa dosen akan meminta Anda untuk menulis
alasan Anda meminta perubahan nilai. Mereka melakukan ini untuk menghindari
membuang waktu berdebat dengan Anda. Hal ini mungkin saja akan membuat Anda
malas membuatnya, namun sebalikknya, Anda juga mendapat kesempatan untuk
mempresentasikan argumen Anda dengan jelas dan valid.
·
Pahami jika setiap disiplin punya caranya
sendiri dalam melakukan banyak hal. Membuat tulisan Bahasa Inggris tentu saja
berbeda dengan tulisan Ekonomi atau Politik. Jangan mengatakan pada dosen Anda
bahwa mereka melakukan dengan cara lain di disiplin lainya. Ini adalah tanggung
jawab Anda untuk beradaptasi dengan kebutuhan dosen dan departemen Anda.
·
Sedihnya, ada waktu dimana Anda harus menjadi
dewasa dimana dosen Anda kekanak-kanakan. Jika situasi ini terjadi, carilah
dosen lain untuk Anda ajak bicara, dalam departemen yang sama jika
memungkinkan. Pertama-tama, jelaskan apa yang terjadi secara objektif. Lalu
mintalah pedapat dosen itu. Mungkin saja dia bisa membantu Anda untuk berbicara
dengan dosen Anda. Walau kadang hal ini juga tidak banyak membantu Anda.
·
Banyak universitas yang melarang Anda untuk
meminta perubahan nilai karena dianggap hanya membuang waktu.
·
Bedakan antara kesalahan objektif dan subjektif.
Jika Anda adalah anak baru di kelas biologi, Anda mungkin akan mendapat
pertanyaan pilihan ganda yang berbeda dengan esai. Walaupun Anda jelas-jelas
bisa mendapat poin tambahan, tapi tetap tidak akan berdampak pada nilai Anda.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertemu dengan dosen Anda dan katakan
“Mungkin saya memiliki jawaban benar yang sepertinya disalahkan, tapi
sepertinya hal ini tidak akan berdampak pada nilai saya. Apakah hal ini berdampak?
Karena jika tidak, saya tidak ingin menghabiskan waktu Anda dan saya.” Apapun
yang terjadi, berterimakasihlah pada dosen Anda atas waktunya. Hal terburuk
yang dapat terjadi pada Anda adalah Anda dianggap murid yang berkelakuan sopan
dibanding murid lainnya. Hal ini adalah pencapaian baik juga walaupun Anda
tidak mendapat nilai tambahan.
·
Umumnya, tidak ada yang bisa merubah nilai yang
diberikan dosen Anda, baik itu pimpinan fakultas maupun rektor, walaupun hal
ini bervariasi di universitas yang berbeda.
Peringatan:
·
Jangan meminta orang tua Anda menelepon atau
mengancam bahwa orang tua Anda akan menelepon. Hal ini akan menunjukkan bahwa
Anda tidak mandiri dan akan berdampak pada reputasi dan kredibilitas Anda.
·
Jangan pikir bahwa Anda adalah bos dari dosen
Anda hanya karena Anda membayar uang sekolah. Uang sekolah hanya membeli
kesempatan untuk belajar.
·
Anda bisa saja hanya harus menerima nilai Anda.
Anda dapat berbicara dengan mereka tentang itu, tapi jangan berharap mereka
merubahnya. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berdiskusi dengan dosen
Anda bagaimana cara supaya Anda tidak mendapat nilai seperti itu lagi di ujian
berikutnya.
·
Beberapa dosen mempunyai ketentuan jika dia
melihat ulang ujian Anda, dia tidak hanya melihat ulang bagian yang Anda mau,
tapi akan melihat keseluruhan. Positifnya sudah jelas. Tapi negatifnya, dosen
Anda mempunyai kesempatan untuk mencari kesalahan lain di kertas Anda yang pada
akhirnya hanya semakin merendahkan nilai Anda.
·
Jangan membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa
dosen selalu bisa memberi nilai tanpa emosi. Sebagai contoh, jika Anda menulis
sesuatu yang diidolakan dosen Anda, Anda bisa mendapat komen panjang, dan
mungkin saja deduksi yang signifikan juga. Hal inilah kabar buruknya. Kabar
baiknya, hal ini sangat jarang terjadi. Biasanya dosen seperti ini akan hilang
juga karena terlalu banyak komplain dari muridnya. Satu dua komplain mungkin
tidak terlalu didengar pimpinan universitas, tapi banyak komplain tentu saja
akan diperhatikan dan ditindaklanjuti.
Info Artikel:
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
wah boleh juga ini buat dicoba hehe
BalasHapusElever Media Indonesia